Tips berbicara di depan umum

Ada masalah dengan berbicara di depan umum? untuk yang belum pernah mencoba sensasi berbicara di depan umum akan merasakan getaran dasyat yang menimbulkan keringat dingin. Musuh utama bagi seorang yang memiliki penyakit bawaan demam panggung dalam berbicara di depan umum adalah perasaan ketakutan akan potensi diri, grogi, tidak percaya diri. Berikut adalah tips berbicara di depan umum: 



1. Persiapkan diri dengan bahan-bahan yang relevan
Ketika hendak tampil di depan umum dalam berbagai kesempatan, langkah awal yang mesti kita persiapkan adalah persiapkan diri. Kondisi harus fit. Tidur cukup, istirahat cukup dan banyak konsumsi air putih sebelum tampil di depan. Dengan kondisi yang baik rasa percaya diri kita juga akan semakin terdongkrak naik. Selain persiapan diri, persiapkan juga bahan-bahan yang akan kita tampilkan ketika tampil di depan nanti. Jika perlu, siapkan catatan kecil yang rapi, sehingga ketika sewaktu-waktu kita grogi dan menghilangkan memori-memori di otak kita ini bukan amnesia ya, kita bisa membuka catatan kecil tersebut dan mengingatkan kita kembali pada poin yang akan kita bicarakan.
2. Siapkan penampilan terbaik
Tidak perlu harus ke salon atau lain sebagainya, yang terpenting ketika tampil di depan pakaian yang kita gunakan rapi dan penampilan kita bersih. Jangan sampai kita tampil di depan umum dengan keadaan yang aut-autan. Lakukan persiapan minimal di malam hari atau sehari sebelum hari-H, agar ketika tampil bisa dengan penampilan terbaik, rapi, cantik/ganteng dan wangi.
3. Latihan vocal sebelum tampil
Ketika kita tampil sebagai publik speaker, vocal yang keluar dari mulut kita haruslah vocal yang jelas. Karena itulah tidak ada salahnya untuk berlatih vocal, A-I-U-E-O sebelum tampil
4. Datang lebih awal
Sebelum tampil, kita harus sudah berada di lokasi minimal 15 menit. Hal ini agar kita menguasai ruangan atau tempat kita tampil nanti. Tujuannya agar kita bisa lebih rileks. Jika kita datang terlambat, keadaannya justru semakin tidak baik, selain tidak menguasai ruangan, konsentrasi kita juga tidak fokus.
5. Penyampaian mental
Tips menaikkan mental/ keberanian sebelum melakukan pidato di depan umum adalah jangan terlalu memikirkan apa yang terjadi nanti, usahakan rilek, santai, dan percaya bahwa semua akan baik-baik saja. Bisa juga dengan kita berbicara lantang dalam awal pidato, karena dengan berbicara lantang mempunyai pengaruh positif pada mental kita.
6. Penyampaian materi
Dalam penyampaian materi sangat dianjurkan tidak untuk membaca teks, tetapi cukup mengingat pokok bahasan yang telah dipersiapkan sebelumnya.

Posting Lebih Baru Posting Lama

Diberdayakan oleh Blogger.